Close

" The Character Building University "

FIS Gelar MTQ & MKQ Tingkat Mahasiswa

16/03/2016

Medan – Fakultas Ilmu Sosial Unimed gelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqoh Khatil Quran (MKQ) yang diikuti lebih dari 60 mahasiswa dari berbagai jurusan dilingkungan FIS Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Maret 2016 di Gedung FIS Lt 3 Unimed. Pelaksanaan MTQ dan MKQ ini dibuka oleh Wakil Dekan I FIS Unimed Dr. Deny Setiawan, M.Si, Wakil Dekan II Dra. Flores Tanjung, M.A, Wakil Dekan III Drs. Waston Malau, M.SP, serta dihadiri oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, dan Kepala Laboratorium dilingkunganFIS Unimed.

Dr. Deny Setiawan, M.Si. dalam sambutan di pembukaan mengatakan agar kegiatan ini tidak hanya menjadi kegiatan rutin pertahun, tetapi menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa muslim FIS untuk menunjukkan kompetensi dan skill diri masing-masing, serta akan berdampak bagi terbentuknya karakter mulia mahasiswa FIS Unimed. Saya berharap kegiatan MTQ dan MKQ ini menjadi wujud untuk merealisasikan nilai-nilai yang terkandung didalam al-quran dalam kegiatan nyata sehari-hari dikampus. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ada lanjutan tingkatannya, karena bagi peserta yang diputuskan juara, akan diikutkan dalam tingkat universitas, tingkat provinsi dan tingkat nasional. Bagi peserta yang nantinya berhasil hingga tingkat universitas, provinsi dan nasional, tentunya akan membawa nama baik civitas akademika FIS Unimed. Untuk lomba MKQ saya berharap masing-masing program studi dapat membangun kerjasama dengan Prodi Seni Rupa di FBS dalam berbagai pelatihan-pelatihan mahasiswa. Sehingga kemampuan mahasiswa kita dalam MKQ dapat media untuk meningkatkan skill, kita tidak hanya mengandalkan bakat dan potensi bawaan dari sekolah mahasiswa kita. Akan tetapi kita juga memberikan wadah untuk mereka dalam meningkatkan skill dan kreativitas MKQ.

Dalam sambutannya WD FIS III, Drs. Waston Malau, M.SP mengatakan bahwa Kegiatan MTQ dan MKQ ini diharapkan dapat menjadi usaha kita agar mahasiswa khususnya yang beragama muslim dilingkungan FIS Unimed dapat lebih mencintai Al-Qur’an dan dapat mengamalkan, serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandungnya kedalam bentuk nyata di kegiatan akademik di kampus. Di samping itu, saya berharap kegiatan ini berdampak pada dimensi sosial, dimana dapat memperkuat moral pembangunan karakter civitas akademika di lingkungan FIS Unimed. Apalagi Unimed mengangkat jargon sebagai kampus pembentuk karakter guna membentuk generasi ilmuwan muda yang berdedikasi dan berkarakter mulia. Tentunya hal ini akan mewujudkan harmonisasi sosial yang sejuk dan menumbuh kembangkan kegiatan-kegiatan  keagamaan secara serasi, selaras dan seimbang untuk menciptakan budaya akademik yang menyamankan civitas FIS Unimed dalam berbagai kegiatan akademi.

Bertindak sebagai dewan Juri dalam lomba MTQ adalah dosendosen agama islam dilingkungan Unimed, diantaranya adalah Drs. Manaon Batubara, MA, dan Dr. Ramli Nur, MA. Sedangkan Juri perlombaaan MKQ adalah Drs. Ramli, MA, dan Hapni Laila Siregar, S.Ag., MA. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW