Close

" The Character Building University "

Dibalik Akreditasi Prodi Bahasa Prancis, Keakraban Alumni Makin Erat

16/03/2016

Medan –  Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS Unimed diakreditasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) pada senin-selasa, 14-15 maret 2016. Nama Tim Asesor yang melakukan asesmen terhadap borang dan evaluasi diri Prodi Pendidikan Bahasa Prancis adalah 1) Dr. Yuliarti Mutiarsih, M.Pd, dari UPI Bandung dan 2) Dr. Roswita Lumban Tobing, M.Hum, dari UNY Yogyakarta. Selain menganalisis borang dan evaluasi diri, tim asesor BAN-PT juga mengecek semua dokumen terkait, melakukan wawancara langsung kepada dosenmahasiswa, stakeholders dan lulusan.

Proses akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Prancis FBS Unimed telah melalui beberapa tahap, diantaranya pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, pengiriman borang dan evaluasi diri ke BAN-PT Jakarta, dan visitasi langsung oleh tim asesor BAN-PT. Pelaksanaan visitasi ini awali oleh pembukaan tim asesor BAN-PT dihadapan pimpinan fakultas FBS dan fungsionaris jurusan yakni ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua prodi dan semua dosen yang dilaksanakan senin pagi 14 maret 2016. Selanjutnya dekan FBS didampingi wakil dekan memaparkan borang dan evaluasi diri fakultas dan dilanjutkan paparan ketua jurusan bahasa asing dan ketua prodi pendidikan bahasa prancis terhadap borang dan evaluasi diri yang telah dikirim ke BAN-PT. Diwaktu yang telah ditentukan Asesor BAN-PT juga melakukan wawancara langsung kepada pengguna lulusan (stakeholders), alumni dan mahasiswa.

Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, yang juga dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, dikantornya mengatakan bahwa kita optimis meraih nilai akreditasi A untuk Prodi Pendidikan Bahasa Prancis yang baru di visitasi oleh asesor BAN-PT. optimisme tersebut tentu sangat berdasar karena dari semua indikator kita telah penuhi. Kualifikasi dosennya sudah 70% bergelar doktor, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen sangat baik, prestasi dan kegiatan mahasiswa kita unggul, lulusan kita diserap diberbagai lapangan kerja, dan prestasi yang lainnya. Maka kami pimpinan FBS yakin akan meraih nilai akreditasi sesuai yang kita harapkan yakni A. Kita dengan pelaksanaan akreditasi prodi pendidikan bahasa prancis ini, ternyata dibalik ini kita mendapat suasana harmonis dan mensejukkan hati antar civitas karena terbangun keakraban yang luar biasa dengan para alumni. Kehadiran para alumni dan juga stakeholders dalam visitasi ini ternyata dapat mempererat jalinan emosional satu almamater, sehingga lahir ide-ide gemilang untuk pengembangan prodi pendidikan bahasa prancis guna menuju kemajuan dan peningkatan prestasi. Semoga hasil visitasi ini dapat memuaskan seluruh civitas jurusan bahasa asing dan civitas FBS, serta jalinan erat hubungan antara civitas jurusan, prodi dan alumni terus terbangun untuk FBS Jaya.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Dr. Zulherman, MM, M.Pd, mengatakan setelah proses visitasi ini selesai, kita semua tim merasa lega dan senang karena kita merasa telah maksimal dan tidak ada kendala melayani tim asesor BAN-PT selama visitas dua hari. Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada Dekan FBS dan para wakil dekan, kabag FBS dan seluruh pegawai, para dosen, stakeholder, alumni dan mahasiswa yang telah sangat membantu dalam pelaksanaan visitasi prodi pendidikan bahasa prancis ini. Semoga hasil akreditasi nilai A akan kita raih, sehingga keletihan selama proses akan terbayarkan dengan kebahagiaan dan ketentraman semua tim. Semoga harapan kita semua akan berakhir dengan manis dan mensejukkan. Amin. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW