Close

" The Character Building University "

PALAS Gandeng UNIMED, Tingkatkan SDM & Mutu Pendidikan

14/03/2016

Sibuhuan – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) resmi gandeng Unimed dalam meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan. Panandatanganan MoU secara resmi telah dilaksanakan oleh kedua belah pihak yang langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Lawas drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., beberapa SKPD dan disaksikan oleh seluruh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dilingkungan Pemkab Palas.

Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan Unimed dilaksanakan pada Jumat, 11 Maret 2016 di Gedung Nasional Sihubuan. Ditanda tangani secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Lawas drg. Ahmad Zainawi Pasaribu, C.Ht dan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, serta disaksikan oleh seluruh Muspida Pemkab Padang Lawas dan Wakil Rektor dan Dekan dilingkungan Unimed. Selanjutnya dilanjutkan dengan Seminar Pendidikan yang dihadiri para Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Kabupaten Padang Lawas menjalin kerjasama dengan Unimed untuk meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan. Sebelumnya Palas telah menjalin kerjasama dengan UGM dan IPB untuk memajukan SDA dan pengembangan wilayah. Bupati Padang Lawas bersama semua unsur Muspida telah berkomitmen akan serius memajukan kualitas pendidikan. Oleh karena itu Pemkab Padang Lawas memilih Unimed sebagai partner untuk mewujudkan harapan masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan agar lebih maju. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Padang Lawas drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht ketika penandatanganan nota kesepahaman antara Unimed dengan Kabupaten Padang Lawas di Gedung Nasional Sibuhuan, Jumat (11/3/2016).

“Dengan dilaksanakan MoU antara Padang Lawas dengan Universitas Negeri Medan tentu sudah lengkap, setelah bidang pertanian dan kehutananan serta infrastruktur, maka kini bidang pendidikan. Penandatanganan kesepakatan bersama ini adalah salah satu wujud dan impian kita untuk memenuhi  kepentingan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di daerah Padang Lawas”, ujar Zarnawi.

Sebagai wujud keseriusan Unimed dalam kerjasama tersebut, dilaksanakan seminar pendidikan yang mengupas tentang Kurikulum 2013 serta Model Pembelajaran yang efektif untuk diterapkan oleh kepala sekolah dan guru di Kabupaten Padang Lawas dengan narasumber Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dan Direktur Pascasarjana Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. Seperti diketahui publik bahwa Prof Syawal Gultom dan Prof Bornok Sinaga merupakan tokoh pendidikan yang berperan dalam Kurikulum 2013 dan memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Dalam paparannya, Prof Syawal Gultom mengatakan tujuan dari Kurikulum 2013 adalah menghasilkan siswa-siswa yang bukan hanya pintar tetapi juga harus kreatif dan berkarakter. Masalah utama selama ini adalah sekolah belum mampu membuat siswa kreatif sepenuhnya. Buktinya adalah barang-barang yang kita pakai sehari-hari sebenarnya merupakan hasil dari kreatifitas bangsa lain. “Ilmu yang dipelajari di sekolah kita sama dengan yang dipelajari di sekolah di luar negeri, tetapi mengapa bangsa lain mampu mengubah ilmu tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat, sedangkan kita belum?” gugatnya. Bangsa kita perlu orang-orang yang mampu mengubah ilmu yang dipelajari di sekolah maupun di kampus menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Pendidikan tersebut harus mampu memberikan kebaikan bagi pola hidup dan cara pandang suatu bangsa.

Sekolah juga harus mampu membuat siswa menjadi berkarakter. “Siswa itu harus dididik menjadi berkarakter baik, jujur, karena tidak ada gunanya orang pintar itu jika tidak jujur” kata Prof Syawal.

Dalam lawatan ke Kabupaten Padang Lawas tersebut, turut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd., Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Sc., PhD., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd dan Wakil Dekan II FIK Syamsul Gultom, S.K.M., M.Kes. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW