Close

" The Character Building University "

UNIMED Gelar Olimpiade MIPA Tahun 2016

07/03/2016

Medan – Ratusan Mahasiswa Unimed mengikuti seleksi Olimpiade Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) pada 7 Maret 2016 di Auditorium Unimed. Para peserta merupakan mahasiswa FMIPA dari semester 2-8 dari tiap jurusan. Mereka akan berkompetisi mengikuti seleksi awal yang nantinya akan disaring menjadi 7 orang peserta untuk disaring pada olimpiade tahap kedua yang akan dilaksanakan pada 5-6 April mendatang. Selanjutnya peserta terpilih dari masing-masing kategori nantinya akan mewakili Unimed untuk mengikuti ajang Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam tingkat mahasiswa yang dilaksanakan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Turut hadir dalam acara ON MIPA ini yakni : Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Dekan III Drs. Muhammad Yusuf Nasution, M.Si., para dosen FMIPA, Kabag, Kasubbag, dan seluruh jajaran fungsionaris FMIPA. Ratusan mahasiswa turut andil dalam even ini.

Ketua panitia pelaksana ON MIPA kali ini Tri Andin Hutapea, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan bahwa olimpiade ini merupakan seleksi tahap I. Adapun peserta yang terdaftar 103 orang dari jurusan Matematika, 101 orang dari jurusan Fisika, 100 orang dari jurusan Kimia, dan 100 orang dari jurusan Biologi. Namun tidak semuanya dapat mengikuti olimpiade hari ini dikarenakan adanya adanya kegiatan akademik lain di jurusan masing-masing. Soal yang diujikan pada olimpiade saat ini sesuai standart nasional, karena mahasiswa terpilih nantinya akan mewakili Unimed mengikuti Olimpiade tingkat nasional. Beliau berharap agar mahasiswa dapat memberikan hasil yang terbaik agar mampu meraih prestasi dan medali di tingkat nasional. Andin juga mengatakan peserta yang lolos seleksi akan diikut sertakan pada seleksi tingkat II wilayah pada 5-6 April 2016 mendatang. Olimpiade tersebut serentak dilaksanakan di 14 wilayah kopertis se-Indonesia.

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd dalam sambutannya mengatakan agar panitia melaksanakan event ini dengan objektif dan sebaik mungkin. Dikarenakan mereka-mereka yang nanti terpilih akan menjadi duta Unimed dalam tingkat nasional yang akan bersaing dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahap kedua nanti kita panitia harus lebih maksimal dalam persiapan dan publikasi, karena kita harus mendapatkan yang terbaik dari seluruh mahasiswa Unimed yang ada. Kita sangat berharap agar kegiatan ini menjadi awal positif untuk mendapatkan bibit-bibit potensial untuk dapat berkiprah pada ajang tingkat nasional.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada tim dewan juri dan berharap dapat memberikan penilaian secara objektif dan sesuai standar nasional kepada mahasiswa mengikuti olimpiade ini agar dapat menjadi juara dan tampil di kancah nasional. Mahasiswa Unimed itu sesungguhnya merupakan pilihan dari berbagai saringan. Maka pastinya banyak yang potensial untuk dapat berprestasi ditingkat nasional. Oleh karena itu, kita harus dapat mencari mahasiswa yang potensial, cerdas, dan kreatif untuk kita latih dalam meraih prestasi yang membanggakan untuk nama baik kampus yang kita banggakan Unimed tercinta. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW