Close

" The Character Building University "

Fisika UNIMED Gelar Olimpiade Fisika Tingkat SUMUT

07/03/2016

Medan – Jurusan Fisika Universitas Negeri Medan intens membina saintis-saintis muda lewat kegiatan Olimpiade Fisika tingkat SMA/MA Sederajat se-Sumatera Utara yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni Fisika (IKALFI) dan HMJ Fisika. Acara yang dilaksanakan pada  (5/3/2016) ini mengambil tema : “Membangun Generasi Muda yang Berkompetensi, kompetitif dan berkarakter”. Acara dilaksanakan di Gedung Serbaguna Unimed dan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan Aceh.

Turut hadir pada acara tersebut dekan Fakultas MIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, Wakil Dekan  III M Yusuf Nasution, M.Si, wakil Ketua IKALFI Nazaruddin, M.Pd, Ketua jurusan Fisika Alkhafi Maas Siregar, M.Si, ketua HMJ Fisika Muhammad Toha,serta jajaran fungsionaris, Dosen, Alumni dan Guru Pendamping dari masing-masing Sekolah yang turut serta.

Pada kesempatan tersebut ketua panitia Joko Prasetyo mengungkapkan bahwa kegiatan olimpiade Fisika diikuti oleh puluhan sekolah yang tersebar di Sumatera Utara dan aceh para peserta sebagian besar adalah kelas X dan XI SMA/MA/SMK  yang mempersiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Fisika tingkat Propinsi di Sumatera Utara. “ Kegiatan ini memang dirancang untuk persiapan adik-adik siswa untuk melakukan kompetisi kembali pada setiap jenjang, sehingga mereka benar-benar siap untuk mengikuti olimpiade dan memahami konsep Fisika”, terang Joko.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed Dr. Asrin Lubis, M.Pd yang didampingi WD III M. Yusuf Nasution, M.Si mengungkapkan apresiasi atas kegiatan mahasiswa dan alumni yang bekerjasama bahu-membahu untuk membangun jurusan fisika secara akademik maupun sosial sehingga siswa-siswa mampu mengaplikasikan konsep Fisika menjadi mudah dipahami, ungkap Dr. Asrin.

Hal senada juga diungkapkan oleh wakil ketuaIKALFI Nazaruddin Nasution M.Pd, yang didampingi Ketua HMJ Fisika Unimed Mhd. Toha, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh IKALFI dan HMJ Fisikadalam upaya mendukung Visi Misi jurusan fisika yang unggul dibidang fisika tingkat nasional dan internasional. “Bila Unimed menjadi kampus terkemuka di Sumatera Utara, begitu juga jurusan Fisika dimana alumninya banyak berkiprah diberbagai bidang seperti, Alfian Hutauruk, M.Pd  Ketua umum IKALFI yang juga Kadis Pendidikan Sibolga akan didaulat sebagai ketua IKA Alumni Unimed dan untuk bidang akademik Iwan Sunarya Angkatan 2005 juga sebagai juara umum Olimpiade OSN guru Fisika Sumatera Utara dan  peringkat 7 Nasional.

Menanggapi hal tersebut ketua Jurusan Fisika Alkahfi Maas Siregar, M.Si, mengungkapkan terima kasih atas komitmen alumni yang secara intens melakukan kegiatan dengan menggandeng mahasiswadan para dosendalam berbagai kegiatan. Secara tidak langsung mahasiswa saat ini akan menjadi alumni dan berkiprah di masyarakat luas sehingga harus mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan bangsa. “Kita akan gandeng semua unsur untuk memajukan fisika dan meraih prestasi maksimal dan civitas Jurusan Fisika akan bergandeng tangan untuk mewujudkan akreditasi Prodi Pendidikan dan Non-Kependidikan Fisika meraih akreditasi A”, imbuh Khafi.

Kegiatan Olimpiade Fisika dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, sebagai upaya agar menjadi pemicu semua civitas dan alumni untuk terus berupaya mengembagkan keilmuannya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan sebagai ajang silaturrahmi untuk mempererat jalinan persaudaraan bersama. Maju teruslah Fisika Unimed dan terus berkarya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW