Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Tata Boga Tingkatkan Skill Membuat Roti Berbahan Lokal SUMUT

Medan – Sebanyak 200 mahasiswa jurusan Pendidikan Tata Boga Unimed mengikuti workshop pembuatan roti di VIP Room Lantai IV Digilib Universitas Negeri Medan pada Selasa 23 Februari 2016. Workshop tersebut dilatih langsung oleh CEO dan Direktur Butter dan Olive College Kuala Lumpur, Mr. Michael dan Ms. Ray. Mereka didatangkan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman membuat kue menggunakan bahan-bahan lokal. Sehingga dapat bersaing dan berdaya guna dalam menghadapi MEA di kawasan Danau Toba.

Turut hadir Rektor Unimed, Wakil Rektor, Dekan FT dan jajaran dekan fakultas, para staff fungsionaris Fakultas Teknik, Ketua Kalpataru Danau Toba, Ketua Yayasan Abadi Hijau Cita perkasa (AHCP) beserta jajarannya, CEO dan Direktur Butter & Olive College Kuala Lumpur, Malaysia.

Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan dan bantuan dari Yayasan Abadi Hijau Cita Perkasa bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan dan Butter dan Olive College Kuala Lumpur, Malaysia. Hal ini sebagai penyembatan ilmu bagi mahasiswa jurusan pendidikan tata boga dalam meningkatkan kemampuan dan pengalamannya dalam membuat roti.

Dalam acara tersebut, bukan hanya sekedar membuat roti, mahasiswa-mahasiswi tersebut juga menyumbangkan 169 batang pohon untuk penghijauan di kawasan Danau Toba. Diserahkan secara simbolis kepada ketua Kalpataru Danau Toba, Bapak Sirait.

Bapak Sirait sangat berterima kasih kepada mahasiswa-mahasiswi jurusan Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Medan atas kepedulian terhadap lingkungan di kawasan Danau Toba. Semoga yang lain dapat ikut peduli kawasan Danau Toba, yang sebentar lagi menjadi ikon pariwisata Indonesia.

Ketua Yayasan Abadi Hijau Cita Perkasa (AHCP), Murni Tobing Kuber mengatakan mengapresiasi komitmen dan langkah nyata pemerintah RI terkait pengheloan pariwisata Danau Toba yang telah gencar dilakukan sejak kedatangan para menteri melihat langsung kondisi danau toba yang meprihatinkan. Disaat yang sama kami juga menilai bahwa perlu adanya upaya bertahap yang lebih gigih dan terukur dalam hal pemberdayaan sumber daya manusia dalam menyambut era badan otoritas pariwisata danau toba. Sehubungan dengan itu, dan menyemangati  masyarakat khususnya di kawasan Danau Toba, dalam menyongsong masyarakat ekonomi asean Butter dan Olive College bekerjasama dengan Yayasan Abadi Hijau Cita Perkasa memberikan pelatihan pembuatan kue secara gratis. Dengan harapan agar para lulusan unimed semakin dapat bersaing dan berkreasi menciptakan produk-produk roti yang berkualitas tinggi. Dan menghimbau kepada peserta workshop pembuatan roti agar berkreasi lebih berkualitas lagi untuk menciptakan roti yang bermutu tinggi, dan menjadi barometer di Sumatera Utara khususnya secara nasional.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengapresiasi acara ini khususnya kepedulian mahasiswa dalam penghijauan kawasan Danau Toba. Beliau memuji bahwa mahasiswa pendidikan tata boga dapat bersaing dan berkreasi lebih baik dalam pembuatan roti yang higienis dan bergizi khususnya di Sumatera Utara. Beliau mengatakan “Dengan pelatihan ini sebagai wujud mahasiswa unimed punya potensi luar biasa untuk berkreasi dalam membuat kue berbahan lokal Sumut, semoga lulusan Unimed terus berkarya untuk dapat bersaing dipasar global khususnya dapat mengembangkan potensi Danau Toba yang menjadi icon Sumatera Utara.” (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW