Close

" The Character Building University "

UNIMED Remodelling PPLT & Microteaching

16/02/2016

Medan – Sebanyak 200 dosen dari berbagai fakultas dilingkungan Unimed mengikuti pengarahan dan pembekalan microteaching dan remodelling PPLT yang digelar oleh UPPL Unimed di Ruang Sidang A Biro Rektor, pada hari selasa 16 februari 2016, pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dalam pertemuan itu dirumuskan bagaimana metode microteaching dan model pembelajaran yang baru untuk diterapkan pada pelaksanaan PPLT mahasiswa Unimed di semester ganjil 2016/2017, sehingga dapat memenuhi tuntutan kurikulum nasional secara scientific dengan penilaian auntentic assesmen dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, para dosen nantinya dapat membimbing terarah dan baik kepada mahasiswa dalam mengikuti PPLT, dengan rasio 1 dosen membimbing 12 mahasiswa. Diharapkan dengan adanya perubahan model dan metode microteaching tersebut, dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa secara pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional dibidang studi yang diajarkan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Para narasumber dan perwakilan dosen dari semua fakultas.

Dalam sambutannya, Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian menyampaikan “semoga pola kreasi pelaksanaan PPLT pada semester depan yang diinspirasi dari Bapak Rektor dapat menghasilkan secara eksplisit dan detail agar terintegrasi dengan baik dilihat dari aspek pendanaan, content, keprofesional, scientific/ilmiah dan kultur yang ada.” Atas masukan tersebut kami UPPL Unimed kembali merancang ulang bagaimana pola dan model PPLT serta bentuk mocroteaching yang terbaik. Agar pelaksanaan PPLT disekolah mitra nantinya dapat lebih terprogram dan dapat diukur. Semoga pertemuan ini akan menghasilakan model PPLT dan pola microteaching yang terbaik untuk kita terapkan pada semester gasal 2016/2017.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. , M.Pd. dalam arahannya juga menyampaikan agar UPPL berhasil melakukan perubahan demi kebaikan program PPLT disemester depan. Hal ini dilakukan dari hasil evaluasi pelaksanaan PPLT tahun lalu diperoleh beberapa kelemahan sistem dan pola yang kita laksanakan. Dengan demikian hari ini kita berdiskusi aktif bersama para dosen untuk merancang bagaimana model microteaching dan pelaksanaan PPLT yang terbaik. Artinya pelaksanaan keduanya dapat diukur apa yang menjadi harapan dan juga lebih membantu guru dan sekolah tempat PPLT dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selain itu dosen DPL harus sesuai bidang ilmu dengan mahasiswa yang dibimbingnya sehingga dapat lebih baik dalam proses pendampingan PPLT nya. Semoga pertemuan ini akan menghasilkan pola dan model yang terbaik untuk dapat diterapkan pada PPLT semester gasal 2016/2017. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW