Close

" The Character Building University "

UNIMED Sukses Laksanakan Ujian Nasional Online PPG

19/01/2016

Medan – Unimed sangat sukses melaksanakan Ujian Nasional Online PPG-SM3T yang dilaksanakan pada sabtu, 16/1/2016 di laboratorium komputer Puskom dan FIK Unimed. Sebanyak 242 orang mengikuti tes online di Unimed, mereka adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru angkatan III yang telah mengikuti program SM3T kemudian mengikuti kuliah profesi guru satu tahun.

Secara nasional proses ujian online yang dilaksanakan di Unimed pada tahun 2015 mendapat apresiasi panitia pusat karena persiapan dan prosesnya berjalan dengan tertib, jujur dan baik. Bahkan pola ujian yang dipakai di Unimed menjadi contoh pola ujian yang dilaksanakan di semua PTN/PTS dimasing-masing daerah. Hal tersebut terungkap pada saat telekonfren antara panitia pusat Direktur Belmawa Kemenristekdikti dan panitia Unimed pada kamis, 14 januari 2016.

Proses ujian berjalan lancar dan tidak ada peserta yang absen. “Ujian berjalan tertib. Tidak ada gangguan seperti listrik padam atau internet tidak connect, semua peserta hadir”, kata koordinator PPG Unimed Dr. Tarsyad Nugraha, M.Kes.

Lanjut Tarsyad, tes online ini dilaksanakan selama satu hari dan hasilnya akan diumumkan pada 20 januari mendatang. Bagi yang tidak lulus pada ujian tahap pertama tersebut akan mengikuti ujian ulangan pada 23 atau 30 januari 2016. Sedangkan bagi seluruh peserta yang lulus PPG Unimed direncanakan akan diwisuda pada 12 Februari 2016.

Panitia ujian online Unimed menugaskan 24 dosen dan 12 orang tenaga IT dalam proses ujian kali ini. Dalam satu ruangan diawasi oleh 2 orang dosen dan 1 tenaga IT. Ruangan ujian juga dipasang kamera CCTV. Ini dilakukan untuk menjamin proses ujian berjalan dengan jujur dan aman.

Koordinator IT, Mohamad Ihwani S,Si, M.Kom. mengungkapkan, materi yang diujikan dalam tes online ini sesuai dengan jurusan masing-masing peserta. “Ujian kali ini untuk menguji kompetensi profesional, jika jurusan geografi, maka yang diujikan materi geografi terkait materi perkuliahan yang telah mereka ikuti”, katanya.

Sementara kordinator PPG SM3T Unimed yang juga selaku Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd, ditempat terpisah mengatakan bahwa kita panitia ujian nasional online PPG Unimed telah persiapkan segala sesuatunya dengan baik, karena kita berkeinginan semua pelaksanaan kegiatan apapun di Unimed harus berjalan dengan baik, jujur dan sukses sesuai motto kita yakni The Character Building University. Kita juga secepatnya lakukan perbaikan dengan pola alternatif lain jika ada sesuatu kendala.

Secara nasional, semua peserta PPG SM3T diberikan kesempatan tiga kali mengikuti ujian nasional online ini. Yang pertama ujian online sesuai jadwal yang telah ditentukan secara nasional dan yang kedua, ketiga diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan selama dua kali jika tidak dinyatakan lulus. Untuk tahun 2015 lalu kita Unimed bersyukur semua peserta lulus semua, namun didaerah lain ada juga sebagian peserta yang tidak lulus walau telah mengikuti ujian ulangan selama dua kali. Bagi yang tidak lulus, mereka tidak akan mendapatkan sertifikat guru profesional dan juga tidak mengikuti wisuda. Semoga tahun ini seluruh peserta ujian nasional online di Unimed dapat lulus semua. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW