Close

" The Character Building University "

Prakondisi SM3T UNIMED Angkatan V 2015

05/08/2015

Panitia SM3T Unimed adakah kegiatan Pra-Kondisi SM3T Angkatan V sebagai upaya pembekalan dan persiapan peserta SM3T untuk terjun kelokasi pengabdian di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Sebanyak 344 peserta mengikuti kegiatan pra-kondisi yang dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan, 1–17 Agustus 2015. Pra-kondisi ini bertujuan untuk membekali kesiapan peserta sekaligus sebagai seleksi kesiapan fisik dan mental. Semua kegiatan yang telah dirancang, diisi oleh para instruktur yang ahli dibidangnya.

Keseluruhan peserta ini sebelumnya telah mengikuti ujian tes tertulis dan wawancara di Unimed. Pra-kondisi merupakan tahapan berikutnya yang harus diikuti peserta sebelum diberangkatkan ke daerah yang menghadapi permasalahan pendidikan di wilayah 3T. Acara prakondisi ini dibuka langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd didampingi oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, Dekan beserta wakilnya. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dari daerah sasaran.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid yang juga merupakan penanggung jawab SM-3T Unimed mengatakan bahwa kegiatan pra-kondisi ini meliputi kegiatan akademik dan non-akademik. Materi ini meliputi; a) penjelasan tentang program SM-3T, b) Implementasi Kurikulum 2013, c) Informasi BKKBN, d) Informasi hukum, e) Kepemimpinan dan manajemen pendidikan, f) Wawasan kebangsaan dan bela negara, pembinaan mental dan ketahanmalangan, g) Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran, h) Kepramukaan, i) UKS dan P3K, dan h) Keterampilan sosisal kemasyarakatan.

Sebaran penempatan para peserta SM3T Unimed ini yakni : sebanyak 40 orang peserta ini akan ditempatkan di Kabupaten Simeulue (Aceh), 65 orang di Kabupaten Lanny Jaya (Papua), 50 orang di Kabupaten Asmat (Papua), 50 orang di Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara), 40 orang di Kabupaten Timor Tengah Utara (NTT), 30 orang di Kabupaten Talaud (Sulawesi Utara), 40 orang di Kabupaten Tagulandang Biaro (Sulawesi Utara), dan 35 orang di Kabupaten Halmahera Utara (Maluku Utara), Direncakanan peserta SM-3T Angkatan V ini akan diberangkatkan pada 18 Agustus 2015 mendatang. pungkas Prof Hamid.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahan pada acara pembukaan kegiatan ini mengatakan agar peserta SM3T Unimed ini mampu menjadikan masa pengabdian ini sebagai nilai ibadah yang paling utama, karena saudara akan jauh dari orang tua, saudara dan munkin keramaian. Apabila yang mendasari aktivitas nanti adalah pengabdian kepada bangsa yang didasari nilai ibadah. Maka saudara selama dilokasi penembatan nantinya akan merasa nyaman dan tenang hati dan pikiran. Oleh karena itu, saya ajak perbaiki niat kita dengan baik. Walaupun kita pastinya harus memiliki kesiapan yang matang, baik dari sisi pengetahuan, skill mengajar, kemampuan bersosial yang baik dengan masyarakat dan lain sebagainya. Dalam proses pembelajaran harus dengan baik membangkitkan semangat belajar para siswa, karena guru yang baik adalah guru yang bisa membuat murid bisa bertanya dan bergairah dalam belajar. Yakinlah jika saudara nantinya dilokasi pengabdian didasari dengan niat yang baik, nilai ibadah, selalu berbuat dan bergaul baik dengan masyarakat, pastinya saudara akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dan ketenangan. Semoga saudara diberikan kesehatan, ketenangan dan kebahagiannya dilokasi pengabdian nantinya. Saya berharap saudara tetap menjunjung tinggi nama baik Unimed ditengah-tengah masyarakat, khususnya dilokasi tempat pengabdian pada program SM3T ini. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW