Close

" The Character Building University "

Ratusan Mahasiswa UNIMED Ikuti Pelatihan Jurnalistik

22/02/2015

Sebanyak seratus mahasiswa dari berbagai jurusan mengikuti pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Universitas Negeri Medan (Unimed) dan PT Pertamina pada 21 februari 2015. Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Seminar FE Unimed ini bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis mahasiswa, khususnya dalam jurnalistik. Tujuan akhir pelatihan ini adalah mampu meningkatkan kemampuan olah-pikir  dalam bentuk tulisan baik dalam karya jurnalistik, maupun karya ilmiah. Hadir dalam penelitian ini yakni : Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd, Staf Ahli WR1 Dr. Lisyanto, M.T, dan Narasumber yang dihadirkankan oleh panitia : Zainal Abidin dari Pertamina, Aufrida Wismi Warastri dari Kompas, S. Indah Putri Bakri dari Waspada Online, Linova dari TV One, dan Irsan Mulyadi Fotografer Antara.

Wakil Rektor 1 Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kita meningkatkan kemampuan dalam menulis, karena menulis merupakan kegiatan produktif dalam memberikan pemahaman kepada pembaca atas apa yang kita pahami. Menurut beliau, kemampuan menulis juga harus diimbangi dengan kemampuan membaca, tanpa membaca hasil tulisan kita akan kurang berkembang. Mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah harus mampu menjadikan dirinya pemikir produktif yang aktif memberikan pengetahuan dan wawasannya kepada masyarakat dalam tulisan. Banyak membaca tentunya akan semakin memperbanyak yang kita ketahui. Dengan banyak pengetahuan, maka akan semakin banyak yang bisa ditulis.

Prof. Kharil Ansari juga meminta agar mahasiswa Unimed terus meningkatkan kemampuan menulis, bukan hanya melalui pelatihan ini. Pelatihan ini hanya salah satu instrumen untuk meningkatkan keterampilan menuli. “Walaupun pelatihan ini hanya satu hari tapi ini sebagai pemicu awal, ini memberikan pemahaman awal yang harus dikembangkan”, ujarnya.

Sementara itu, perwakilan PT Pertamina, Zainal Abidin mengatakan akan terus menjalin hubungan kerjasama dengan Unimed terutama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Beliau mengharapkan pelatihan ini dapat mengembangkan kapasistas menulis mahasiswa yang progresif dan kreatif sebagai “energi” bagi bangsa ini.

Ketua LP2IM, Nurcahyono mengatakan LP2IM merupakan komunitas mahasiswa yang concern terhadap peningkatan intelektual mahasiswa. Pihaknya mengupayakan mengadakan kegiatan kemahasiswaan dalam setiap minggunya. “Minggu sebelumnya kita mengadakan pelatihan penulisan PKM, dan minggu ini kita coba untuk jurnalistik”, ujarnya. LP2IM merupakan komunitas yang dibimbing langsung oleh staf Wakil Rektor 1 Dr. Lisyanto, M.T dan Kepala LPM Unimed Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si.

Semoga Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya dalam mendorong kreativitas dan potensi diri untuk lebih berprestasi dan memenangkan hibah-hibah PKM mahasiswa dan berbagai beasiswa yang ada. Jika mahasiswa Unimed banyak yang berprestasi dan kreatif, maka akan memberi sumbangsih terhadap peningkatan citra Unimed kepada publik. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW